Supported by:
日本語:
Home. Profile. Anggota. Acara. Galeri. Sponsorship. Lokasi.
Teater Mahasiswa ENJUKU©2011
Galeri Photo Acara ENJUKU 2011
Acara ENJUKU 2008
>8 Januari 2011 - 9 Januari 2011
AUDISI ENJUKU

Teater Mahasiswa ENJUKU mengadakan audisi untuk merekrut anggota baru pada tahun ini. Sama seperti tahun sebelumnya, audisi tahun ini juga diadakan pada hari Sabtu dan Minggu dengan jumlah calon anggota yang mencapai 100 orang lebih.
Bagi teman-teman yang ingin bergabung untuk tahun 2011 ini masih ada kesempatan sampai tanggal 31 Maret 2011. Tapi bagi yang tidak bisa bergabung di tahun ini jangan kuatir, karena ENJUKU selalu membuka pendaftaran untuk anggota baru setiap tahun. Sabar ya...
Kami berharap antusias dari para mahasiswa di Jakarta untuk bergabung dengan Teater Mahasiswa ENJUKU semakin bertambah di tahun berikutnya sehingga kita bisa saling mengenal serta belajar dan berkreasi bersama-sama.
Acara ENJUKU 2009
>29 JANUARI 2011
SOOKAI (PERTEMUAN BESAR) ENJUKU

Acara Sookai tahun ini diadakan seminggu setelah ulang tahun ENJUKU yang ke-2 pada tanggal 21 Januari.
Berbagai macam suasana muncul dalam acara yang selalu diadakan di awal tahun ini. Suasana bangga karena diterima dan dilantik sebagai anggota ENJUKU. Suasana bahagia karena merayakan ulang tahun ENJUKU sekaligus mendapatkan teman baru dari berbagai universitas. Suasana riang pada saat menyaksikan unjuk bakat dari anggota lama dan baru serta yang terakhir adalah suasana haru dan sedih pada saat mengiringi kepergian para anggota lama yang sudah lulus.
Semua suasana itulah yang membuat para anggota ENJUKU semakin akrab sehingga kami siap untuk melaksanakan segala kegiatan ENJUKU di tahun ini.
>23 Februari 2011
URASHIMA HANAKO @SANTA URSULA

Teater Mahasiswa ENJUKU sekali lagi mendapatkan undangan untuk tampil di acara bunkasai Jepang yang diadakan di Sekolah Santa Ursula yang ternyata lokasinya berada persis di sebelah gedung pertunjukan utama teater ENJUKU yaitu Gedung Kesenian Jakarta, pada saat itu teater ENJUKU juga membuka stand/booth, lalu pada saat pertunjukan kami cukup kaget karena kebanyakan yang menonton adalah anak-anak seumuran sekolah SD dan SMP, untungnya mereka cukup tenang sekali pada saat menonton.

Terima kasih Santa Ursula.
>23 Februari 2011
URASHIMA HANAKO @SMA 112

Teater Mahasiswa ENJUKU mendapat kesempatan untuk tampil di depan para guru bahasa Jepang se JABODETABEK yang di adakan di SMA 112, pada saat itu pertunjukan berada di ruangan yang cukup besar yang berisi panggung dan kursi-kursi untuk penonton, cukup banyak sekali penonton yang hadir kedalam ruangan itu sampai-sampai para pemain Urashima Hanako sedikit kesulitan untuk berjalan dari ruangan kostum dan makeup menuju ke depan panggung karena penuhnya penonton.

Terima kasih SMA 112.
>2 April 2011
Perpisahan Bp. Shiojiri

Duta besar Jepang untuk Indonesia Bp. Shiojiri sekali lagi datang berkunjung ke ENJUKU, akan tetapi kunjungan kali ini merupakan kunjungan perpisahan beliau karena beliau akan meninggalkan Indonesia pada pertengahan April nanti, ENJUKU pada saat itu menampilkan pertunjukuan mini drama Urashima Hanako dan Tokyo Life Story khusus untuk Bp. Shiojiri.
Kami sangat senang sekali dan bangga bisa mendapatkan dukungan semangat yang kuat dari Bp. Shiojiri, beliau selalu memberikan motivasi dan dorongan yang kuat untuk kemajuan ENJUKU.

Arigatoo gozaimashita soshite sayoonara Bp. Shiojiri, mata itsuka aimashoo.
Acara ENJUKU 2010
>30 Maret 2011
SAKURA yo

Teater mahasiswa ENJUKU menciptakan lagu untuk Jepang tercinta yang berjudul SAKURA yo.
Pada awalnya lagu ini tercipta untuk soundtrack mini drama orisinil yang berjudul Tokyo Life Story yang akan ditampilkan khusus untuk acara yang akan di adakan di Jakarta, akan tetapi setelah mendengar berita bahwa Jepang mengalami musibah besar yaitu gempa dan tsunami, lagu ini mendapat sedikit penambahan lirik yang berisi pesan turut prihatin atas musibah yang melanda Jepang khususnya bagian timur dan itu sama halnya dengan yang di alami Indonesia pada tahun 2004 yang memakan korban hampir 200 ribu orang dan rekonstruksi pun masih berlangsung sampai hari ini. Oleh karena itu Para anggota teater yang terdiri dari 90 mahasiswa/i dari 20 universitas di Jakarta tergerak untuk menciptakan lagu ini dan berdoa agar para korban bencana mendapatkan kembali ketenangan dan kekuatan untuk bangkit.
Download video
>1 Mei 2011
PADUAN SUARA 500 MAHASISWA INDONESIA UNTUK JEPANG

Kurang lebih 500 Mahasiswa/i Indonesia datang dan berkumpul bersama di aula sekolah Jakarta Japanese School,
bersama-sama menyanyikan lagu berbahasa Jepang berjudul “SAKURA yo” yang dipersembahkan khusus untuk negara Jepang yang terkena bencana alam gempa serta tsunami.

Dengan keikhlasan dukungan semangat serta kekuatan kita bersama, kami berharap Jepang cepat kembali pulih dan bangkit kembali seperti sedia kala.

  
Acara ENJUKU 2011
Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan untuk seluruh peserta, pendukung acara, tamu undangan, tamu dokumentasi, media peliputan, dan untuk semua orang  yang namanya tidak dapat kami sebutkan disini yang telah berpartisipasi dan menyukseskan acara ini.

Semoga hasil dari video suara nyanyian kita bersama dapat tersampaikan dan dapat memberikan semangat serta kekuatan untuk Jepang tercinta
>1 Mei 2011
Tokyo Life Story

Teater mahasiswa ENJUKU akhirnya dapat menyelesaikan pekerjaannya yaitu membuat drama musikal Tokyo Life Story.

Tidak seperti biasanya drama musikal ini menggunakan life band sebagai pengiring musik, sekaligus ada tarian-tarian yang cukup menarik.

Singkat cerita, drama ini menceritakan tentang kedatangan mahasiswa orang Indonesia yang baru pertama kali datang ke Jepang, dua orang mahasiswa ini laki-laki dan perempuan sangat senang sekaligus bingung menghadapi segala sesuatu tentang kehidupan budaya Jepang.

Silahkan menonton cerita lengkapnya penampilan perdana dari drama musikal Tokyo Life Story.
>28 Mei 2011
Konser amal untuk mendukung Jepang
Acara ENJUKU 2012
Teater Mahasiswa ENJUKU yang beranggotakan mahasiswa/I Indonesia yang mempelajari bahasa Jepang ini menampilkan drama unik berjudul “Tokyo Life Story” yang bercerita tentang 2 mahasiswa Indonesia yang belajar di Jepang untuk pertama kalinya, dan mengalami culture shock.

Pada drama ini, kita dapat melihat kebiasaan-kebiasaan orang Jepang yang unik yang masih jarang di temukan di Indonesia, seperti sifat-sifat orang Jepang yang berbeda-beda, membeli sesuatu secara instan dengan mesin otomatis (makanan, minuman, rokok, tiket kereta), ojigi (gerakan membungkukkan badan untuk memberi hormat, salam atau permintaan maaf), matsuri atau festival tradisional, dan budaya Jepang lainnya. Tujuan dari tampilnya drama ini adalah, agar kebiasaan orang Jepang yang masih terlihat aneh di mata orang Indonesia bisa mulai dikenal dan dipahami, dengan pendekatan melalui tontonan yang menghibur.

Pada penutup konser amal ini, seluruh pengisi acara dan panitia bersama-sama menyanyikan lagu “Miagete Goran Yoru no Hoshi o” yang dulu pernah dipopulerkan oleh Kyu Sakamoto. Mengapa memilih tema lagu ini, karena bagi orang Jepang lagu ini adalah sebuah simbol pengharapan, dan dari jaman dahulu lagu ini sangat disukai oleh orang Jepang.

Selain berbagai penampilan yang telah disebutkan di atas, dalam konser amal ini ada juga stand khusus untuk foto sambil memegang kipas bertuliskan harapan & semangat untuk Jepang, yang akan dikumpulkan & dijadikan video untuk di unggah ke YouTube, sebagai salah satu upaya untuk menunjukkan support secara moral terhadap Jepang.

Konser amal ini berhasil menggalang dana sebesar 245.000 Yen / sekitar 26.000.000 Rupiah, yang telah disalurkan melalui Nihon Sekijyuuji / Palang Merah Jepang. Kami semua berharap semoga konser amal ini dapat memberikan dukungan semangat serta sumbangan bagi korban bencana yang ada di Jepang.
Pada tanggal 28 Mei 2011 yang lalu, sebuah konser amal “Daisuki na Nihon e -Too Nihon Daishinsai Fukkoo Ooen Concert” diadakan di Ballroom Hotel Nikko Jakarta.

Konser amal yang bertujuan untuk menggalang dana untuk membantu korban bencana gempa dan tsunami di Jepang ini dimeriahkan oleh berbagai penampilan menarik, seperti persembahan musik dan lagu dari Southern Cross, Male Choir, Koor Mutiara, KCYC GPIB KARUNIA dan Goko Makiko (penyanyi soprano).

Selain itu, ada tarian yosakoi dan taiko oleh Ooedo Sukerokuryu Taiko Club dan sebuah penampilan drama musikal berdurasi 25 menit oleh Teater Mahasiswa ENJUKU.
>30 Mei 2011
Shooting kegiatan latihan teater mahasiswa ENJUKU oleh stasiun tv O-Channel

ENJUKU sudah yang kedua kalinya diliput oleh stasiun tv lokal, yang pertama oleh Jak-Tv dalam program acara Komunitas dan kali ini dari O-Channel dalam program acara DKI 15.

Peliputan kali ini mengambil tema kegiatan latihan ENJUKU dan penjelasan lebih dalam mengenai teater mahasiswa ENJUKU itu sendiri.





  
>11 Juni 2011
Penampilan Medley Kaguya-hime dalam acara final kontes lomba pidato bahasa Jepang tingkat Nasional

Dalam acara kontes lomba pidato bahasa Jepang yang diadakan di dalam auditorium gedung RRI (Radio Republik Indonesia), ENJUKU menampilkan nyanyian dan tari dari drama musikal Kaguya-hime yang dikemas secara medley.







  
>25 Juni 2011
Penampilan mini drama musikal Tanabata Story dan Tokyo Life Story dalam acara JECUF 2011 ( Japan Education and Culture Fair)

Universitas Padjadjaran Bandung baru pertama kali mengadakan acara JECUF ini dan ENJUKU juga baru pertama kali tampil di luar daerah yaitu Bandung.

Pengalaman tampil di luar daerah yang sangat mengesankan dan banyak pengalaman baru yang didapat disana.







  
>1 Juli 2011
Penampilan mini drama musikal Tokyo Life Story dalam acara Pesta Tanabata JCC (Jakarta Communication Club)

Tahun ini juga JCC mengundang ENJUKU untuk tampil dalam acara Pesta Tanabata, akan tetapi karena tahun lalu ENJUKU sudah menampilkan drama musikal Tanabata Story maka kali ini ENJUKU menampilkan drama musikal Tokyo Life Story.








  
>2 Juli 2011
Penampilan mini drama musikal Tokyo Life Story dalam acara Bunkasai STBA LIA 2011

Pada acara bukasai yang diadakan oleh STBA LIA ini ENJUKU menampilkan drama Tokyo Life Story.

Pengalaman yang keduakalinya tampil dengan kondisi panggung yang berbeda merupakan pelajaran bagi semua anggota ENJUKU untuk dapat mempelajari segala sesuatunya dan juga proses kinerja untuk penampilan yang terbaik.






>10 Juli 2011
Penampilan mini drama musikal Tokyo Life Story dalam acara ENNICHISAI 2011

Satu tahun yang lalu ENJUKU baru pertama kali tampil diatas panggung, kali ini pun dalam acara ENNICHISAI, ENJUKU tampil kembali lagi diatas panggung menampilkan drama musikal Tokyo Life Story.

Acara yang setiap tahunnya dipenuhi oleh banyak pengunjung merupakan kesempatan yang sangat baik sekali bagi setiap penampilan ENJUKU untuk mengasah kepercayaan diri tampil didepan banyak orang.




>12, 13, 14 Juli 2011
ENJUKU no GASSHUKU 2011

Gasshuku merupakan salah satu kegiatan terpenting urutan kedua setelah penampilan utama.

Pada gasshuku tahun ini juga banyak sekali keuntungan-keuntungan dan manfaat-manfaat yang anggota dapat, seperti jalinan erat kekeluargaan, kerjasama yang terbaik, mematuhi segala peraturan yang ada sampai menikmati setiap acara yang ada di gasshuku.





>28 Oktober 2011
Yuki-Onna ~Tears of Snow~

Selamat kepada seluruh anggota ENJUKU yang telah berhasil menyukseskan pertunjukan utamanya.

Tidak terasa kurang lebih 365 hari para anggota ENJUKU baik dari bagian Enggibu, Issho-bu dan Butai bijyutsu-bu telah bekerja melewati proses pembelajaran yang keras dalam memproduksi salah satu drama musikal berbahasa Jepang.

Disamping kanan adalah beberapa dokumentasi foto hasil dari pertunjukan yang telah di abadikan oleh para foto grapher pilihan yaitu diantaranya ada Nakazawa-san, Ariza-san, Tamura-san, Faiz-san dan Steven-san..

Sekali lagi ENJUKU mengucapkan Otsukare samadeshita!!

Yuki-Onna ~Tears of Snow~

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para sponsorship, volunteer dan para penonton setia ENJUKU yang telah bekerjasama dengan baik untuk menyukseskan pertunjukan utama Teater Mahasiswa ENJUKU.

Terima kasih banyak

どうもありがとうございました

Berita ENJUKU
di Media Cetak
1. Jakarta Shimbun 4 April 2011
“Bp. Soujiri berkunjung ke ENJUKU”
tokyo shimbun_14 April 2011_Sakura Yo.jpg jashim_Juli 2011_Gasshuku 2.jpg jakshim_4 April 2011_kedatangan Bp. Soujiri.jpg jakshim 15 Juni 2011_tampil di nikko hotel.jpg jakshim_11 Juli 2011_ ennichisai 1.jpg jakshim_11 Juli 2011_ ennichisai 2.jpg jashim_Juli 2011_Gasshuku 1.jpg jakshim_2 Mei 2011_paduan sakura yo.jpg
2. Tokyo Shimbun 14 April 2011
“Berita tentang Sakura Yo”
3. Jakarta Shimbun 2 Mei 2011
“Paduan Suara Sakura Yo di JJS”
4. Jakarta Shimbun 15 Juni 2011
“Charity Concer  untuk Jepang”
5. Jakarta Shimbun 11 Juli 2011
“ENJUKU tampil di Ennichisai”
6. Jakarta Shimbun Juli 2011
“Gasshuku ENJUKU”
© Teater Mahasiswa ENJUKU 2011
学生劇団en塾 Teater Mahasiswa ENJUKU 
Jl.Cipaku No 4 Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12170
TEL: 021-7257266/7250530     FAX: 021-7257266
www.enjukuindonesia.com