Supported by:
ENJUKU Calendar event
Calendar
June 2015
M
T
W
T
F
S
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
Calendar
July 2015
M
T
W
T
F
S
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
Home
bloguez.com
widgets
Goodies
ENJUKU
Official Group
(Counter)
(Today)
(Yesterday)
Link corner 
Media Partner
Buletin
Apa Kabar JCC
Old News!
Berita ENJUKU
di media cetak
学生劇団en塾 Teater Mahasiswa ENJUKU 
Jl.Cipaku 5 No.17A Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12170
TEL: 021-7257266/7250530     FAX: 021-7257266
Info@enjukuindonesia.com
www.enjukuindonesia.com
©Teater Mahasiswa ENJUKU 2015
BANDUNG-HAMAMATSU MATSURI
NUANSA JEPANG TRADISIONAL & MODERN OLEH ENJUKU


  Tanggal 9 September 2012 kemarin, bertempat di Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, telah digelar sebuah festival Jepang  "Bandung-Hamamatsu Matsuri". Acara ini merupakan hasil kerjasama dari pihak Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan juga pihak PERSADA (Perkumpulan Alumni dari Jepang). Selain diramaikan oleh final lomba pidato Bahasa Jepang tingkat SMA dan Cosplay Competition, Teater Mahasiswa ENJUKU juga turut tampil dalam acara tersebut.

      Pada kesempatan ini, penampilan ENJUKU dibagi ke dalam dua sesi. Sesi yang pertama mengusung tema tradisional. Sebagai pembuka dari sesi pertama, ENJUKU menampilkan sebuah pertunjukan komedi ala Jepang, Rakugo. Lalu, disambung dengan drama parodi dari cerita rakyat Jepang Urashima Taro, yaitu short-drama "Urashima Hanako The Amazing Story". Sesi pertama ini ditutup dengan chorus anggota ENJUKU yang menyanyikan lagu "Sakura Yo". Lagu tersebut sebenarnya adalah lagu penutup dari short drama ENJUKU yang berjudul "Tokyo Live Story". Lagu original ENJUKU ini memiliki makna yang spesial karena pernah digunakan dalam Paduan Suara 500 orang Mahasiswa untuk mendukung Jepang pada bulan Mei 2011 lalu. Pada saat ENJUKU menyanyikan lagu ini, beberapa penonton ada yang ikut bernyanyi sambil membaca dari lirik yang sudah dibagikan sebelumnya.

      Sesi kedua yang bertemakan Jepang modern ditampilkan setelah Cosplay Competition selesai. Dance performance short-drama, "We Love Japan!" ditampilkan sebagai pembuka sesi ini. Short drama baru tahun ini sudah di tampilkan pada acara Jogja Japan Week bulan Juli lalu. Lalu diikuti dengan performance "Kaguya-hime Medley" yang menyajikan versi pendek dari lagu serta tarian dari pementasan utama ENJUKU tahun 2009, "Kaguya-hime". Lagu "Ano Machi de Mata Aoo" yang merupakan lagu original untuk pementasan utama ENJUKU tahun ini, menutup keseluruhan penampilan ENJUKU di Bandung-Hamamatsu Matsuri. Ini adalah pertama kalinya lagu tersebut dinyanyikan secara live sebelum pentas utama tanggal 27 dan 28 Oktober nanti, lho!

      Selain menikmati berbagai pertunjukan baik drama maupun musik dari ENJUKU, bahkan bisa menjadi yang pertama dalam mendengarkan lagu "Ano Machi de Mata Aoo", para penonton juga bisa melihat dan berfoto dengan poster besar pementasan utama ENJUKU tahun ini, "Wagahai wa Nyanko de Aru" lho

      Ini adalah kedua kalinya ENJUKU mendapat kesempatan untuk tampil di Bandung. Tahun lalu, ENJUKU tampil di acara "Japan Education and Culture Festival" (JECUF) yang diselenggarakan oleh UNPAD. Tahun ini, ENJUKU tampil di tempat yang sama, tapi dalam acara yang berbeda.

      Semoga dengan adanya kesempatan tampil untuk di luar kota, ENJUKU bisa tampil sambil berbagi info tentang kebudayaan Jepang kepada lebih banyak orang! Terima kasih kepada para penonton yang sudah hadir di pementasan ENJUKU kali ini! Para event crew yang sudah berpartisipasi, otsukaresamadeshita!
Walaupun event crew berangkat dari jam 04.00 pagi mereka tetap semangat selama diperjalanan ke Bandung.
Setiap penampulan ENJUKU selalu mengadakan persiapan yang matang. Memasang tanda (marking) untuk para pemain agar tidak salah posisi saat penampilan, rehearsal sebelum mulai untuk mengingat kembali penampilan selama latihan di Jakarta, dan cek sound system dan alat-alat yang digunakan untuk tampil.
Acara di buka oleh MC, Dhio dan Yayah, mereka mengenakan pakaian tradisional Jepang, Yukata.
Penampilan Rakugo oleh Danial, Fajri, Indra dan Randa, yang bertugas untuk membantu Rakugo-ka.
Short Drama Urashima Hanako - The Amazing Story -
Event Crew membagikan lirik lagu Sakura Yo, agar penonton bisa bersama-sama menyanyikan lagu tersebut.
Sesi terakhir ditutup dengan menyayikan lagu Sakura Yo dan diiringi live music ENJUKU Band.
Ketika istirahat, Boot ENJUKU ramai dikunjungi oleh penonton. Ada yang membeli souvenir ENJUKU yaitu DVD Yuki Onna, Striker karakter Urashima Taro, pin Yukinko dan lain-lain. Selain itu banyak yang bertanya tentang pementasan tahun ini. Staff Booth juga antusias menjelaskan dan menginformasikan tentang ENJUKU.
Short Drama We Love Japan
Kaguya-Hime Medley
Sesi 2 ditutup dengan alunan lagu Ano Machi de Mata Aou, sampai bertemu lagi di Bandung. Semoga jalinan persahabatan kita tetap terjaga.
Link Berita ENJUKU di media Online :

- dnaberita.com